Kompetisi Web Kompas Muda & AQUA

Cintailah bumi kita, mari berbagi lewat program AQUA dengan membeli 1 Liter air untuk 10 Liter air bagi masyarakat yang membutuhkan.

Blog ini berisikian tips-tips mengenai cara penanganan bumi yang semakin hari semakin rusak.
Dalam rangka Kompetisi web kompas MuDa & AQUA yang di adakan oleh Kompas Muda yang bertemakan "Air Untuk Masa Depan", mari kita bersama-sama berhemat air




Ternyata ada banyak sekali cara untuk menyelamatkan bumi kita, otomati ada banyak cara untuk menjadi "Sahabat Bumi" yang siap menyelamatkan bumi kita dari bencana apapun. Masih melanjutkan postingan untuk "Kompetisi Website Kompas Muda - Im3", setelah memberi tahukan cara untuk menjadi sahabat bumi melalui postingan yang ini (jangan buang sembarangan, tanamlah pohon , dan yang terakhir jangan tebang hutan sembarangan) untuk persembahan dari kami selanjutnya adalah tips....huehuehe.. kayak apa aja se... persembahan .. emanknya gk ada kata yang pas apa ??hehe


Pakailah Energi Secukupnya....!!




yups... cara ini wajib hurus kudu musti... busyett... prasaan semuanya artinya sama de?? hehe, kembali ke benang merah...
Karena semakin hari kebutuhan akan listrik atau energi terutama di indonesia semakin meningkat, dan ini menjadi tanggung jawab sepenuhnya oleh PLN selaku satu-satunya menyedia energi di indonesia. Tentu saja bukan pekerjaan yang mudah bagi PLN yang harus memenuhi setiap saat kebutuhan akan listrik bagi masyarakat seluruh indonesia yang tersebar luas dari aceh sampai papua (loh.. kenapa gk disebutin dari sabang sampai merauke ?? ) yap.. sengaja aja.. nyebutin aceh.. coz sekarang adalah tanggal 26 desember.. tepat 4 tahun terjadi tsunami... hehe.. gk nyambung ya.. Ok kembali ke topik lagi..


Sampai dimana tadi ?? oh ya... Maka sebagai rakyat indonesia yang baik sudah seharusnya lah kita untuk sedikit saja meringankan beban dari PLN, dengan melakukan penghematan energi. Toh dengan melakukan penghematan energi kita juga tidak dibuat pusing karena masalah tagihan listrik yang membludak.


Berikut tips seadanya yang bisa anda terapkan untuk melakukan penghematan energi :



  • Matikan listrik jika tidak digunakan.

  • Jangan tinggalkan alat elektronik dalam keadaan standby, setidaknya kalau akan ditinggal dalam jangka waktu yang lama, maka matikanlah.

  • Ganti bohlam lampu anda ke jenis CFL, meski harga lampu jenis ini lebih mahal tapi terbukti lebih awet dan hemat listrik.

  • Gunakan AC seperlunya.

  • Jika terpaksa memakai AC tutup pintu dan jendela selama AC menyala. Atur suhu sejuk secukupnya, sekitar 21-24o C

  • Lakukan penghematan listrik dengan mematikan minimal 2 buah lampu pada jam 17.00 sampai jam 22.00 karena pada jam tersebut konsumsi listrik sangatlah banyak.

  • dan yang paling penting dan sangat dianjurkan adalah "Ajak semua orang disekitar anda untuk melakukan hal-hal diatas"


Saya yakin dan percaya dengan melakukan hal diatas maka anda akan mendapatkan sebuah ucapan terima kasih dari PLN... lohh... kok gak nyambung.. hehe.. becanda2..., maka anda sudah menyumbang dalam penyelamatan bumi kita. Ingin lebih lagi dalam menyumbang ?? caranya gampang sekali... kunjungi blog ini.. anda cukup mengajak semua orang disekitar anda untuk menjadi sahabat bumi.
Postingan ini dalam bentuk keikutsertaan dalam "Kompetisi Website Kompas Muda - IM3"


Download soal USM STAN

2 komentar:

setuju om, abisnya bumi juga makin panas nih..

hmm, nice artikel

Posting Komentar

Kompetisi Web Kompas MuDa & AQUA

Kompetisi Web Kompas MuDa & AQUA
Kompetisi Web Kompas MuDa & AQUA

Tweet Air Untuk masa depan


Recent Post

Diskusi Yuk....!!